"Sungguh indah kehidupan seorang muslim. Jika dia mendapatkan nikmat maka akan BERSYUKUR, jika mendapatkan ujian maka akan BERSABAR"

Rabu, 12 Mei 2010

MULTIPLEKSER & DEMULTIPLKSER


Pernahkah anda mendengar multiplekser? Dimana? Secara sederhana MULTIPLEXER (MUX) dikatakan sebagai DATA SELECTOR / pemilih data, mana yang akan dilewatkan dan mana yang akan ditahan. MUX juga dapat dikatakan sebagai sebuah devais digital yang memiliki fungsi memilih salah satu dari sejumlah saluran input untuk ditransmisikan ke satu output. Prinsipnya sama seperti saklar pemilih, dari 2n buah input dipilih melalui n buah jalur pemilih (DATA SELECT), jalur mana yang akan disalurkan ke output. Hal ini dapat digambarkan seperti pada gambar dibawah
 Gambar Ilustrasi Multiplexer
MUX juga dilengkapi dengan ENABLE yang berfungsi untuk mengaktifkan devais. 
   
DEMULTIPLEXER
DEMULTIPLEXER (DMUX) bekerja berkebalikan dengan MULTIPLKSER. Jika Mux dikatakan sebagai data selector, maka demultiplekser dapat dikatakan sebagai DATA DISTRIBUTOR. DMUX juga dapat didefinisikan sebagai sebuah devais yang memiliki satu saluran input data, n saluran pemilih data, dan 2n saluran output yang dapat mengirim dari satu sumber input ke satu dari beberapa tujuan.
Sebuah DECODER dapat digunakan sebagai DEMUX. Yang perlu diperhatikan apabila ingin menggunakan DECODER sebagai DEMUX adalah dengan menggunakan salah satu input (ENABLE) sebagai saluran DATA input. Sedangkan input-input yang lain berfungsi sebagai saluran DATA SELECT. Perubahan ini diilustrasikan pada Gambar dibawah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar