"Sungguh indah kehidupan seorang muslim. Jika dia mendapatkan nikmat maka akan BERSYUKUR, jika mendapatkan ujian maka akan BERSABAR"

Minggu, 21 Maret 2010

Rangakaian Adder dan Substractor

Ada dua macam operasi aritmetika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Secara digital kedua macam operasi tersebut dapat dengan mudah diwujudkan. Adder, atau rangkaian penjumlah, berfungsi menjumlahkan dua buah bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan-bilangan biner. Subtraktor, atau rangkaian pengurang, yang berfungsi mengurangkan dua buah bilangan biner.

ADDER
ada dua macam adder, yakni half adder dan full adder.

1. HALF ADDER

Half Adder menjumlahkan dua buah bit input, dan menghasilkan nilai jumlahan (sum) dan nilai lebihnya (carry-out). Half Adder diletakkan sebagai penjumlah dari bit-bit terendah (Least Significant Bit). Blok Diagram dari rangkaian Half Adder lebih jauh dapat di download pada link yang ada pada judul .

2. FULL ADDER

Sebuah Full Adder menjumlahkan dua bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan-bilangan biner. Masing-masing bit pada posisi yang sama saling dijumlahkan. Full Adder sebagai penjumlah pada bit-bit selain yang terendah. Full Adder menjumlahkan dua bit input ditambah dengan nilai Carry-Out dari penjumlahan bit sebelumnya. Output dari Full Adder adalah hasil penjumlahan (Sum) dan bit kelebihannya (carry-out). Blok Diagram dari rangkaian full Adder lebih jauh dapat di download pada link yang ada pada judul .

SUBTRACTOR
Sepertinya hal nya adder, juga ada dua macam substractor.

1. HALF SUBTRACTOR

Sebuah rangkaian Subtractor terdiri dari Half Subtractor dan Full Subtractor. Half Subtractor mengurangkan dua buah bit input, dan menghasilkan nilai hasil pengurangan (Remain) dan nilai yang dipinjam (Borrow-out). Half Subtractor diletakkan sebagai pengurang dari bit-bit terendah (Least Significant Bit).
Blok Diagram dari rangkaian Half substractor lebih jauh dapat di download pada link yang ada pada judul .

4. FULL SUBTRACTOR

Sebuah Full Subtractor mengurangkan dua bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan-bilangan biner. Masing-masing bit pada posisi yang sama saling dikurangkan. Full Subtractor mengurangkan dua bit input dan nilai Borrow-Out dari pengurangan bit sebelumnya Output dari Full Subtractor adalah hasil pengurangan (Remain) dan bit pinjamannya (borrow-out). Blok Diagram dari rangkaian Full substractor lebih jauh dapat di download pada link yang ada pada judul .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar