Introduction
Digital adalah suatu cara untuk merepresentasikan suatu besaran dengan symbol. Berbagai macam symbol dapat digunakan. Salah satu jenis symbol yang berkembang pesat adalah “bilangan”.
Bicara tentang bilangan, dikenal beberapa macam bilangan, antara lain: bilangan biner, bilangan octal, decimal, heksa decimal, dan beberapa jenis lainya. Tentu masing-masin bilangan ini ada kelebihan dan kekuranganya dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Sistem bilanan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system biilangan desimal, yaitu sisitem bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran.Sistem ini banyak digunakan karena manusia mempunyai sepuluh jari untuk dapat membantu perhitungan.
Hal ini akan berbeda dengan mesin/komputer. Logika kerja mesin/komputer diwakili oleh dua keadaan ”Benar” atau ”salah”. Ada yang mengatakan off (tidak ada arus) dan on (ada arus). Di dalam sistem bilangan hal ini dinamakan sistem binary yang mempunyai dua macam nilai untuk mewakili suatu besaran nilai.
Panjangnya bilangan biner dalam merepresentasikan sebuah nilai yang besar, tentu akan menyulitkan, baik dalam penulisan maupun pengingatan. Untuk menyederhankanya maka digunakan sistem bilangan octal dan sistem bilangan hexadesimal.
Lebih jauh tentang sistem bilangan dapat didownload di :
Minggu, 28 Februari 2010
Rabu, 27 Januari 2010
Electronic Nose for Detecting of Impure Gasoline
Gasoline is the main fuel for all almost vehicles. The pure gasoline is important to keep vehicle operating. Unfortunately there is a bad behavior in our society that mixes gasoline with another material. Of course it will contaminate gasoline and destroy the machine. For a long time (until now) test of pure gasoline has been conduct only at laboratory, because it is not a simple procedure and the cost is so expensive. The samples are collected from everywhere, and then it is brought to the laboratory. This method is not efficient. The device that can detect pure gasoline quick and efficient is needed.
In this time, It was proposed Electronic Nose that can distinguish pure gasoline from impure gassoline. This device will sense gasoline, then gives output about its status, whether pure or not.
Electronic Noses are electronic device that have ability likes human nose. These device is typically array of sensors used to characterize complex samples. Arrays of sensor in these device is arrays of 4 gas sensors. The data generated by each sensor are processed by a neural network algorithm. Perceptron model is chosen, because it needs only two condition output, pure and impure gasoline. The neural network algorithm was run using PC. Asembly (microcontroller software), Matlab, and Visual Basic Language programming were used in this system.
From the experiments can be concluded that the system has been work properly with 90% accuracy. Hope that the system can give solution to ensure gasoline purity problem in our society.
--> This Research was funded by DIKTI (Hibah Bersaing 2008 & 2009)
(It was published on ICTS- International Converence On Informatic and Communication Technology 2009, Surabaya agustus 2009)
In this time, It was proposed Electronic Nose that can distinguish pure gasoline from impure gassoline. This device will sense gasoline, then gives output about its status, whether pure or not.
Electronic Noses are electronic device that have ability likes human nose. These device is typically array of sensors used to characterize complex samples. Arrays of sensor in these device is arrays of 4 gas sensors. The data generated by each sensor are processed by a neural network algorithm. Perceptron model is chosen, because it needs only two condition output, pure and impure gasoline. The neural network algorithm was run using PC. Asembly (microcontroller software), Matlab, and Visual Basic Language programming were used in this system.
From the experiments can be concluded that the system has been work properly with 90% accuracy. Hope that the system can give solution to ensure gasoline purity problem in our society.
--> This Research was funded by DIKTI (Hibah Bersaing 2008 & 2009)
(It was published on ICTS- International Converence On Informatic and Communication Technology 2009, Surabaya agustus 2009)
Sabtu, 23 Januari 2010
Sehat dan Waktu Luang
Sehat dan waktu luang adalah dua nikmat yang banyak dilupakan manusia. Begitulah Rasulullah menyampaikan kepada ummatnya.
Ya… itulah manusia yang seringkali melupakan kedua nikmat ini. Sehat yang dipunyai baru akan terasa betapa mahal harganya manakala Allah mengambil nya sebagian dan diganti dengan sedikit rasa sakit. Ketika allah menimpakan sakit gigi, sakit mata, diare dsb barulah manusia merasakan betapa mahalnya harga sebuah kesehatan, hatta yang kecil sekalipun. Seorang atlet yang mau bertanding pada event bergengsi, tiba-tiba allah memberinya sakit diare, dia menjadi lemas tak sanggup lagi untuk berlaga.
Begitu pula waktu longgar. Seringkali manusia melenakan waktu yang dimilikinya. Karena merasa tidak ada pekerjaan, maka santai-santai, membuang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat sering kali dilakukanya. Semua baru terasa setelah terlambat.
Sahabat, sesungguhnya waktu yang dilalui manusia tidak akan mungkin diputar balik. Satu detik sesat yang lalu tidak akan mungkin dijangkau lagi. “Masa lalu adalah masa yang paling jauh dari kehidupan manusia. Sedangkan masa depan adalah sesuatu yang dekat”
Oleh karena itu, nikmat sehat dan waktu longgar yang dimiliki manusia sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan tunggu nanti sore (jika saat ini pagi), dan jangan tunggu besuk pagi (jika saat ini sore/malam).
Segeralah selesaiakan agenda-agenda yang menjadi tanggung jawab kita. Belum tentu nanti sore / besuk pagi kita masih punya waktu dan punya kesehatan seperti saat ini.
Ketahuilah saudaraku bahwa sesungguhnya tugas-tugas yang dimiliki oleh manusia jauh lebih banyak dari waktu yang dimilikinya.
Wallahu ‘alam.
Ya… itulah manusia yang seringkali melupakan kedua nikmat ini. Sehat yang dipunyai baru akan terasa betapa mahal harganya manakala Allah mengambil nya sebagian dan diganti dengan sedikit rasa sakit. Ketika allah menimpakan sakit gigi, sakit mata, diare dsb barulah manusia merasakan betapa mahalnya harga sebuah kesehatan, hatta yang kecil sekalipun. Seorang atlet yang mau bertanding pada event bergengsi, tiba-tiba allah memberinya sakit diare, dia menjadi lemas tak sanggup lagi untuk berlaga.
Begitu pula waktu longgar. Seringkali manusia melenakan waktu yang dimilikinya. Karena merasa tidak ada pekerjaan, maka santai-santai, membuang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat sering kali dilakukanya. Semua baru terasa setelah terlambat.
Sahabat, sesungguhnya waktu yang dilalui manusia tidak akan mungkin diputar balik. Satu detik sesat yang lalu tidak akan mungkin dijangkau lagi. “Masa lalu adalah masa yang paling jauh dari kehidupan manusia. Sedangkan masa depan adalah sesuatu yang dekat”
Oleh karena itu, nikmat sehat dan waktu longgar yang dimiliki manusia sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan tunggu nanti sore (jika saat ini pagi), dan jangan tunggu besuk pagi (jika saat ini sore/malam).
Segeralah selesaiakan agenda-agenda yang menjadi tanggung jawab kita. Belum tentu nanti sore / besuk pagi kita masih punya waktu dan punya kesehatan seperti saat ini.
Ketahuilah saudaraku bahwa sesungguhnya tugas-tugas yang dimiliki oleh manusia jauh lebih banyak dari waktu yang dimilikinya.
Wallahu ‘alam.
Rabu, 20 Januari 2010
PERANCANGAN dan SIMULASI SISTEM SUSPENSI MOBIL BERBASIS KENDALI OPTIMAL
Mobil adalah suatu alat transportasi darat yang sangat penting bagi kehidupan manusi modern. Salah satu faktor kenyamanan mengendarai mobil adalah ssistem suspensi (soft breaker) yang dimilikinya. Dengan sistem suspensi yang bagus, ketika mobil terkena guncangan, mobil akan tetap stabil.
Dalam research ini diajukan salah satu cara/pendekatan dalam merancang sistem suspensi mobil, melalui pendekatan kendali optimal (simulasi software). Diambil contoh salah satu jenis mobil. Mobil yang akan dirancang sistem suspensinya dimodelkan dalam persamaan matematis. Selanjutnya akan didesain sistem suspensi yang tepat untuk mobil tersebut dengan pendekatan kendali optimal. Perancangan dilakukan dengan bantuan MATLAB. Hasil yang diperoleh akan disimulasikan untuk mengetahui/menguji kualitasnya.
Linear Quadratic Regulator (LQR) dapat dapakai sebagai kendali optimal dalam kasus perancangan sistem suspensi mobil ini. Setelah parameter-parameter kendali didapatkan, melalui simulasi MATLAB didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Walaupun pada mobil diberikan guncangan, baik dalam mutan penuh atau pun kosong, kondisi mobil relatif stabil.
Kata kunci : Suspensi mbil, kendali optimal, matlab
Dalam research ini diajukan salah satu cara/pendekatan dalam merancang sistem suspensi mobil, melalui pendekatan kendali optimal (simulasi software). Diambil contoh salah satu jenis mobil. Mobil yang akan dirancang sistem suspensinya dimodelkan dalam persamaan matematis. Selanjutnya akan didesain sistem suspensi yang tepat untuk mobil tersebut dengan pendekatan kendali optimal. Perancangan dilakukan dengan bantuan MATLAB. Hasil yang diperoleh akan disimulasikan untuk mengetahui/menguji kualitasnya.
Linear Quadratic Regulator (LQR) dapat dapakai sebagai kendali optimal dalam kasus perancangan sistem suspensi mobil ini. Setelah parameter-parameter kendali didapatkan, melalui simulasi MATLAB didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Walaupun pada mobil diberikan guncangan, baik dalam mutan penuh atau pun kosong, kondisi mobil relatif stabil.
Kata kunci : Suspensi mbil, kendali optimal, matlab
Langganan:
Postingan (Atom)