"Sungguh indah kehidupan seorang muslim. Jika dia mendapatkan nikmat maka akan BERSYUKUR, jika mendapatkan ujian maka akan BERSABAR"

Sabtu, 23 Januari 2010

Sehat dan Waktu Luang

Sehat dan waktu luang adalah dua nikmat yang banyak dilupakan manusia. Begitulah Rasulullah menyampaikan kepada ummatnya.

Ya… itulah manusia yang seringkali melupakan kedua nikmat ini. Sehat yang dipunyai baru akan terasa betapa mahal harganya manakala Allah mengambil nya sebagian dan diganti dengan sedikit rasa sakit. Ketika allah menimpakan sakit gigi, sakit mata, diare dsb barulah manusia merasakan betapa mahalnya harga sebuah kesehatan, hatta yang kecil sekalipun. Seorang atlet yang mau bertanding pada event bergengsi, tiba-tiba allah memberinya sakit diare, dia menjadi lemas tak sanggup lagi untuk berlaga.

Begitu pula waktu longgar. Seringkali manusia melenakan waktu yang dimilikinya. Karena merasa tidak ada pekerjaan, maka santai-santai, membuang waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat sering kali dilakukanya. Semua baru terasa setelah terlambat.

Sahabat, sesungguhnya waktu yang dilalui manusia tidak akan mungkin diputar balik. Satu detik sesat yang lalu tidak akan mungkin dijangkau lagi. “Masa lalu adalah masa yang paling jauh dari kehidupan manusia. Sedangkan masa depan adalah sesuatu yang dekat”

Oleh karena itu, nikmat sehat dan waktu longgar yang dimiliki manusia sudah seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan tunggu nanti sore (jika saat ini pagi), dan jangan tunggu besuk pagi (jika saat ini sore/malam).
Segeralah selesaiakan agenda-agenda yang menjadi tanggung jawab kita. Belum tentu nanti sore / besuk pagi kita masih punya waktu dan punya kesehatan seperti saat ini.

Ketahuilah saudaraku bahwa sesungguhnya tugas-tugas yang dimiliki oleh manusia jauh lebih banyak dari waktu yang dimilikinya.

Wallahu ‘alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar