"Sungguh indah kehidupan seorang muslim. Jika dia mendapatkan nikmat maka akan BERSYUKUR, jika mendapatkan ujian maka akan BERSABAR"

Rabu, 20 Januari 2010

PERANCANGAN dan SIMULASI SISTEM SUSPENSI MOBIL BERBASIS KENDALI OPTIMAL

Mobil adalah suatu alat transportasi darat yang sangat penting bagi kehidupan manusi modern. Salah satu faktor kenyamanan mengendarai mobil adalah ssistem suspensi (soft breaker) yang dimilikinya. Dengan sistem suspensi yang bagus, ketika mobil terkena guncangan, mobil akan tetap stabil.

Dalam research ini diajukan salah satu cara/pendekatan dalam merancang sistem suspensi mobil, melalui pendekatan kendali optimal (simulasi software). Diambil contoh salah satu jenis mobil. Mobil yang akan dirancang sistem suspensinya dimodelkan dalam persamaan matematis. Selanjutnya akan didesain sistem suspensi yang tepat untuk mobil tersebut dengan pendekatan kendali optimal. Perancangan dilakukan dengan bantuan MATLAB. Hasil yang diperoleh akan disimulasikan untuk mengetahui/menguji kualitasnya.

Linear Quadratic Regulator (LQR) dapat dapakai sebagai kendali optimal dalam kasus perancangan sistem suspensi mobil ini. Setelah parameter-parameter kendali didapatkan, melalui simulasi MATLAB didapatkan hasil yang cukup memuaskan. Walaupun pada mobil diberikan guncangan, baik dalam mutan penuh atau pun kosong, kondisi mobil relatif stabil.

Kata kunci : Suspensi mbil, kendali optimal, matlab

2 komentar:

  1. boleh minta software simulasinya ? charlie_khi@yahoo.com

    BalasHapus
  2. siiibbb tugas ane kelar

    BalasHapus